untuk kali ini saya akan menyajikan sebuah artikel tentang " OOP "(Object Oriented Programming), tapi sebelumnya kita perlu tau, apa itu "OOP"?
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.cukup sampai disitu penjelasan OOP, langsung saja. ini adalah contoh program yang saya buat
Gb 1
Gb 2
Gb 3
Diatas adalah contoh program yang saya buat. cukup sederhana, hanya membuka,menutup dan memecahkan sebuah jendela. diamana saat akan membuka dan menutup, user dimintai password berupa inputan angka.Jika benar maka program akan menjalankan sesuai perintah yang diinputkan user, jika tidak maka user akan diminta memasukkan ulang password.
berikut adalah sourcecode nya
package pkgfinal;
import java.util.Scanner;
import java.util.Scanner;
class jendela{
int engsel,waktu;
double kaca;
String kunci;
//behavior
public jendela(){ //default contructor
kunci = "LOW";
kaca = 3;
engsel = 1;
}
public jendela(String M){ //parameterized constructor
kunci = M;
}
void buka(){
System.out.println("Buka Jendela . . . ");
engsel--;
waktu=1;
kunci="kanan";
}
void tutup(){
System.out.println("Tutup jendela . . . ");
engsel++;
waktu=2;
kunci="kiri"+kunci;
}
void pecah(){
System.out.println("Kaca pecah");
kaca=0;
engsel=0;
kunci="rusak";
}
}
public class Final {
int engsel,waktu;
double kaca;
String kunci;
//behavior
public jendela(){ //default contructor
kunci = "LOW";
kaca = 3;
engsel = 1;
}
public jendela(String M){ //parameterized constructor
kunci = M;
}
void buka(){
System.out.println("Buka Jendela . . . ");
engsel--;
waktu=1;
kunci="kanan";
}
void tutup(){
System.out.println("Tutup jendela . . . ");
engsel++;
waktu=2;
kunci="kiri"+kunci;
}
void pecah(){
System.out.println("Kaca pecah");
kaca=0;
engsel=0;
kunci="rusak";
}
}
public class Final {
public static void main(String[] args) {
jendela F = new jendela(); //membuat objek mobil
int pilihan;
String jawab=null;
Scanner X = new Scanner(System.in);
do{
System.out.println("apa yang akan anda lakukan? \n 1.buka jendela \n 2.tutup jenjdela \n 3.pecahkan jedela : ");
pilihan= X.nextInt();
int s,t;
switch(pilihan){
case 1:F.buka();
System.out.println("masukkan angka kunci untuk buka jendela");
s = X.nextInt();
if (s==1){
System.out.println("Jendela terbuka");}
else if(s!=1){
System.out.println("Maaf kunci salah");
System.out.println("masukkan angka kunci untuk buka jendela");
s = X.nextInt();}
System.out.println("Apakah anda ingin memiiih lagi? (y/n)");
jawab=X.next();
break;
case 2:F.tutup();
System.out.println("masukkan angka kunci untuk tutup jendela");
t = X.nextInt();
if (t==2)
System.out.println("Jendela tertutup");
else if(t!=2)
System.out.println("Maaf kunci salah");
System.out.println("masukkan angka kunci untuk tutup jendela");
t = X.nextInt();
System.out.println("Apakah anda ingin memiiih lagi? (y/n)");
jawab=X.next();
break;
case 3:F.pecah();
System.out.println("Kaca jendela pecah");
System.out.println("Selamat!!! Anda telah memecahkan Kaca ");
jawab="n";
break;
}
}while(jawab.equals("y")||jawab.equals("Y"));
System.out.println("Terimakasih");
}
}
jendela F = new jendela(); //membuat objek mobil
int pilihan;
String jawab=null;
Scanner X = new Scanner(System.in);
do{
System.out.println("apa yang akan anda lakukan? \n 1.buka jendela \n 2.tutup jenjdela \n 3.pecahkan jedela : ");
pilihan= X.nextInt();
int s,t;
switch(pilihan){
case 1:F.buka();
System.out.println("masukkan angka kunci untuk buka jendela");
s = X.nextInt();
if (s==1){
System.out.println("Jendela terbuka");}
else if(s!=1){
System.out.println("Maaf kunci salah");
System.out.println("masukkan angka kunci untuk buka jendela");
s = X.nextInt();}
System.out.println("Apakah anda ingin memiiih lagi? (y/n)");
jawab=X.next();
break;
case 2:F.tutup();
System.out.println("masukkan angka kunci untuk tutup jendela");
t = X.nextInt();
if (t==2)
System.out.println("Jendela tertutup");
else if(t!=2)
System.out.println("Maaf kunci salah");
System.out.println("masukkan angka kunci untuk tutup jendela");
t = X.nextInt();
System.out.println("Apakah anda ingin memiiih lagi? (y/n)");
jawab=X.next();
break;
case 3:F.pecah();
System.out.println("Kaca jendela pecah");
System.out.println("Selamat!!! Anda telah memecahkan Kaca ");
jawab="n";
break;
}
}while(jawab.equals("y")||jawab.equals("Y"));
System.out.println("Terimakasih");
}
}
Sekian artikel saya kali ini, smoga bermanfaat.
Terimakasih



0 comments:
Post a Comment